Thứ Bảy, 20 tháng 2, 2016

7 Kontrak Komersial Termahal Para Pesepakbola Dunia

​Football Leaks kembali beraksi dengan membocorkan nila kontrak komersial yang melibatkan Cristiano Ronaldo. Menurut klaim mereka, Ronaldo mengantongi kontrak dengan penyediaan layanan ponsel dan internet Arab Saudi (Mobily) senilai 1,1 juta euro.

Kontrak yang dijalin tahun 2012 itu hanya mewajibkan Ronaldo menandatangani lima kostum Portugal, menyebut Mobily di dua akun media sosial, dan menjalani pemotretan selama empat setengah jam.

7. Ronaldinho ($90 juta)

Brazilian football star Ronaldinho signs

​Bahkan ketika sudah tidak terlalu gemerlap kariernya menjadi pesepabola pun, reputasi Ronaldinho sebagai pemain jago nan legendaris tetap terdengar. Apapun yang dilakukannya menjadi berita menarik.

Dinho pernah mendapat sponsor dari Coca-Cola dan Pepsi padahal keduanya bersaing. Itu karena Ronaldinho sempat kedapatan minum Pepsi saat masih menjadi endorser Coca-Cola dan akibatnya kontrak diputus, tapi kemudian ditawari Pepsi.

6. Ricardo Kaka ($95 juta)

FBL-FIFA-BALLONDOR-GALA

​Mantan pemain AC Milan dan Real Madrid ini adalah salah satu merek dagang besar dari Brasil. Kaka telah menjadi bagian dari kampanye bisnis Adidas, EA Sports, sampai Sony.

Total kontrak dengan aparel kabarnya mencapai 95 juta ketika ia masih aktif menjadi pemain.

5. Neymar Jr ($105 juta)

Neymar Announces Advertising Contract For Nishikawa Sangyo's AiR Mattresses In Tokyo

​Neymar sebagai merek dagang sudah sangat mahal nilainya walau masih sangat muda. Kontrak dengan sponsor sepatu selama 11 tahun nilainya mencapai 105 juta dolar AS.

Seiring berjalannya waktu dan peningkatan pamor, nilai kontrak mungkin akan diperbarui dengan harga lebih tinggi lagi.

4. Cristiano Ronaldo ($105 juta)

TO GO WITH AFP STORY: Football: Ronaldo

​Cristiano Ronaldo secara pribadi punya penghasilan sangat besar dari banyak sponsor. Totalnya disebut-sebut melampaui Lionel Messi atau sama. Tapi untuk satu sponsor, total kontrak komersial terbesar berasal dari Nike dengan nilai sekitar 105 juta dolar AS.

Kontrak CR7 berlaku untuk 2014-2019. Setelah itu sepertinya ia tak mungkin mendapat kontrak lebih besar mengingat usianya.

3. Lionel Messi ($140 juta)

PepsiMax 'The Art of Football' Collection

​Lionel Messi menjalin kontrak selama tujuh tahun dengan Adidas dengan nilai total mencapai 140 juta selama tujuh tahun. Jumlah ini tergolong salah satu yang terbesar untuk pesepakbola.

Untuk kontrak dengan sponsor lain memang ada, tapi tidak sebesar dari sponsor sepatu itu.

2. David Beckham ($160,8 juta)

TO GO WITH AFP STORY 'FBL-ENG-USA-US-BEC

​David Beckham adalah salah satu pesepakbola Eropa paling awal yang berhasil menciptakan merek dagang atas nama dirinya sendiri. Tahun 2003 lalu DB7 menjalin kontrak Lifetime Agreement, perjanjian sponsor seumur hidup yang membuat dirinya menjadi duta aparel itu selamanya. Total kontraknya mencapai $160,8 juta.

1. Gareth Bale ($173 juta)

FBL-AUS-ESP-ITA-REAL MADRID-AS ROMA-CUP

​Untuk total nilai kontrak dari satu sponsor, Gareth Bale tampaknya mencatat rekor terbesar sejauh ini. Tahun 2014 lalu ia memperpanjang kontrak selama enam tahun dengan jumlah £20 juta per tahun atau sekitar 28,8 juta dolar AS.

Totalnya Bale bisa mendapat sekitar 173 juta dolar.

0 nhận xét:

Đăng nhận xét